Posted by : Unknown Kamis, 27 Agustus 2015

Pengertian Sederhana Dari Ekosistem

 


Beberapa Pengertian Dari Ekosistem


  1. Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya yang dihubungkan oleh aliran energi dan daur materi.
  2. Ekosistem merupakan suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi.
  3. Ekosistem merupakan penggabungan dari setiap unit biosistem yang melibatkan interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik sehingga aliran energi menuju kepada suatu struktur biotik tertentu dan terjadi suatu siklus materi antara organisme dan anorganisme. Matahari sebagai sumber dari semua energi yang ada.


Terdapat 2 Komponen Penyusun suatu ekosistem,

Komponen Abiotik
Komponen Biotik

1. Komponen Abiotik

Abiotik adalah istilah yang biasanya digunakan untuk menyebutkan sesuatu yang tidak hidup atau benda-benda mati atau benda yang tidak bernyewa. Komponen abiotik merupakan komponen penyusun dari ekosistem yang terdiri dari benda benda mati atau tak hidup. Secara terperinci, komponen abiotik merupakan keadaan fisik dan kimia disekitar organisme yang menjadi medium dan substrat untuk penunjang kehidupan dari organisme tersebut.
Komponen abiotik terdiri dari air, suhu, cahaya matahari, tanah, dan iklim.
a. Air. Ketersediaan air memengaruhi distribusi organisme. Organisme di gurun beradaptasi terhadap ketersediaan air di gurun.
b. Suhu. Proses biologi dipengaruhi oleh suhu. Mamalia dan unggas membutuh energi untuk meregulasi temperatur dalam tubuhnya.
c. Cahaya Matahari. Intensitas dan kualitas cahaya memengaruhi proses fotosintesis. Air dapat menyerap cahaya sehingga pada lingkungan air, fotosisntensis terjadi disekitar permukaan yang terjangkau cahaya matahari.
d. Tanah. Beberapa karakteristik tanah yang meliputi struktur fisik pH dan komposisi mineral membatasi penyebaran organisme berdasarkan pada kandungan sumber makanannya ditanah.
e. Iklim. Iklim adalah kondisi cuaca dalam jangka waktu yang lama dalam suatu wilayah.

2. Komponen biotik

Biotik adalah istilah yang biasanya digunakan untuk menyebut sesuatu yang hidup (organisme). Komponen biotik adalah komponen lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup dan merupakan suatu komponen yang menyusun suatu ekosistem selain komponen abiotik (tidak bernyawa).
Berdasarkan peran dan fungsinya, makhluk hidup dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:  produsen, konsumen, dan pengurai/dekomposer.


Kaidah-Kaidah Yang Terdapat Didalam Ekosistem

Suatu ekosistem diatur dan dikendalikan secara alamiah
Mempunyai daya kemampuan yg optimal dlm keadaan berimbang
Terdapat interaksi antara seluruh unsur-unsur lingkungan yang saling mempengaruhi dan bersifat timbal-balik
Interaksi terjadi antara :
     - komponen2 biotis dgn abiotis
     - sesama komponen biotis
     - sesama komponen abiotis
Interaksi itu Setiap ekositem terantung dan dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor tempat, waktu dan masing-masing perbedaan dari ekositem itu sendiri sebagai pencerminan sifat-sifat yang khas

Kelentingan Lingkungan

Kelentingan lingkungan merupakan sifat suatu sistem yang memungkinkannya kembali kepada stabilitas/keseimbangan semula, bahkan untuk menyerap dan memanfaatkan gangguan yang menimbulkan dinamika/ perubahan kecil
Menunjukkan kemampuan suatu sistem untuk pulih setelah ia terkena gangguan

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Footer Text

Text Widget

Footer 1

Blogger Pages

Blogroll

- Copyright © Jejak Anak Petani -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -