Posted by : Unknown Selasa, 07 April 2015


Hallo Sahabat Anak Petani, kali ini kita akan membahas mengenai Akutansi Biaya. Mulai dari pengertian akutansi biaya, pengertian akutansi biaya menurut para ahli dan definisi biaya

Akutansi biaya adalah suatu bidang akutansi yang di peruntukkan untuk proses pelacakkan, pencatatan dan analasis terhadap biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas suatu organisasi untuk menghasilkan barang dan jasa.

Biaya didefenisikan sebagai waktu dan biaya yang dibutuhkan dan di ukur menurut nilai satuan mata uang. Penggunaan kata beban adalah pada saat biaya sudah habis terpakai.

Pengertian Akutansi Biaya Menurut Para Ahli

  • ·         Schaum

Akuntansi biaya adalah suatu prosedur untuk mencatat dan melaporkan hasil pengukuran dari biaya pembuatan barang atau jasa. Fungsi utama dari Akuntansi Biaya: Melakukan akumulasi biaya untuk penilaian persediaan dan penentuan pendapatan.
  • ·         Mulyadi
Akuntansi Biaya ialah proses pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk jasa dengan cara-cara tertentu serta penafsiran terhadapnya.
  • ·         Carter dan Usry
Akuntansi biaya adalah penghitungan biaya dengan tujuan untuk aktivitas perencanaan dan pengendalian, perbaikkan kualitas dan efisiensi, serta pembuatan keputusan yang bersifat rutin maupun strategis.
  • ·         Abdul Halim
Akuntansi biaya adalah akuntansi yang membicarakan tentang penentuan harga pokok (cost) dari suatu produk yang diproduksi (atau dijual di pasar) baik untuk memenuhi pesanan dan pemesan maupun untuk menjadi persediaan barang dagangan. yang akan dijual.
  • ·         R. A. Supriyono
Akuntansi biaya adalah salah satu cabang akuntansi yang merupakan alat manajemen untuk memonitor dan merekam transaksi biaya secara sistematis serta menyajikan informasi biaya dalam bentuk laporan biaya.



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Footer Text

Text Widget

Footer 1

Blogger Pages

Blogroll

- Copyright © Jejak Anak Petani -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -